Aliens on Vacation: Ketika Para Alien Piknik ke Planet Bumi

img_8255

Judul: Liburan Para Alien (Aliens on Vacation – Intergalactic Bed and Breakfast #1)
Penulis: Clete Barrett Smith
Penerbit: Atria
Tahun Terbit: Juni 2012
Jumlah Halaman: 314
ISBN: 9789790245013
Blurb:
Pertama kali melihat kediaman neneknya yang berupa penginapan bertema Star Wars, Scrub berpikir kalau liburan musim panasnya kali ini adalah yang terburuk. Dia sama sekali tidak menyangka bahwa turis-turis aneh yang harus dilayaninya di penginapan Grandma adalah alien. Terlebih lagi, mereka mulai bertingkah laku aneh di kota sehingga membuat Sherif Tate curiga.

Namun, ketika Scrub mulai menyukai pekerjaannya dan semua prasangka buruknya tidak terbukti, dia dan neneknya malah terancam harus menutup Penginapan Intergalaksi dan diusir dari Forest Grove. Padahal, Scrub baru saja berteman dengan Amy, anak perempuan yang menyukai segala hal tentang alien.

Masalahnya, setiap tindakan para alien itu selalu saja salah! Lalu, apa yang dilakukan Scrub untuk menyelamatkan penginapan neneknya?

*

Alasan utama saya baca buku anak/remaja adalah untuk diwariskan ke anak nantinya. Betapa visionernya, ya. Ck. Meskipun banyak yang bilang kalau anak sebaiknya dibebaskan memilih bacaan yang ia sukai tetapi namanya orang(tua) yang punya pengalaman (membaca) lebih banyak pasti akan gatal pengin memberi rekomendasi bacaan ke orang lain.

Salah satu kiblat saya terkait bacaan anak/remaja adalah penerbit Atria yang memang fokus menerjemahkan/menerbitkan bacaan untuk anak/remaja. Dengan spesialisasi tersebut, terbitan Atria menjadi sumber referensi yang bagus dan terpercaya. Siapa yang tidak tahu serial Diari Si Bocah Tengil karya Jeff Kinney yang terkenal itu? Barangkali tidak semua pembaca ngeh bahwa serial tersebut diterbitkan oleh Atria. Selain serial fenomenal itu, Atria juga menerbitkan versi bahasa Indonesia dari Wonder (R.J. Palacio), The Giving Tree (Shel Silverstein), The Vampire Diaries (L.J. Smith), Alice in Wonderland (Lewis Carroll), Gadis Korek Api (H.C. Andersen), dan masih banyak lagi. Terbitan Atria yang baru saja selesai saya baca adalah Liburan Para Alien alias Aliens on Vacation yang merupakan seri pertama dari trilogi Intergalactic Bed and Breakfast karya Clete Barrett Smith.

Sesuai judulnya (juga blurb), sudah dapat dibayangkan tema cerita novel ini. Yup, tentang para alien yang sedang liburan. Liburan di mana? Nah, ini yang menarik. Para alien ini liburan di bumi! Jadi ceritanya, bumi merupakan salah satu planet di semesta raya ini yang jadi tujuan wisata bagi para alien. Wisata, seperti misal orang Amerika liburan ke Bali gitu. Meski terkesan biasa bagi para alien, kedatangan mereka tetaplah menjadi sesuatu yang aneh dan dianggap berbahaya oleh penduduk bumi. Para alien tersebut tetap harus sembunyi-sembunyi dan harus pandai-pandai berbaur dengan sekitar. Mereka harus menyamar, mengenakan pakaian serta rias wajah sedemikian rupa sehingga penampilan mereka mirip dengan penduduk lokal.

Adapun pintu masuk ke bumi bagi para alien adalah sebuah penginapan yang memang terdaftar untuk itu. Penginapan ini milik nenek dari Scrub, dan ke tempat inilah Scrub ‘dikirim’ oleh orangtuanya untuk menghabiskan liburan musim panas. Scrub yang baru pertama kali main ke rumah neneknya sangat terkejut mendapati betapa uniknya penginapan tersebut. Dekorasinya bertema Star Wars. Mudah ditebak ya, kalau dekorasi itu hanya untuk menyamarkan tamu-tamu penginapan.

Keseruan novel ini ada di usaha sang nenek-yang kini dibantu oleh Scrub-untuk menjaga para tamunya dari kecurigaan berbagai pihak, terutama Sherif Tate yang sudah lama merasakan adanya keanehan di penginapan tersebut tetapi tak kunjung berhasil membuktikan kecurigaannya.

Hingga suatu hari, ada sekelompok alien yang membuat masalah. Oh, no!

“FOREST GROVE HANYALAH UNTUK MANUSIA DAN POHON-POHON SAJA, DAN ALIEN ILEGAL TIDAK AKAN DISAMBUT DENGAN BAIK.”
–Hal. 245

Saya pernah bilang bahwa yang namanya bacaan anak haruslah bacaan yang mudah dimengerti, memberi ruang yang cukup untuk berimajinasi, dan tentu saja bernilai. Liburan Para Alien memenuhi semuanya. Bahasa yang digunakan sederhana, mudah dimengerti, dan berhasil menghadirkan suasana petualangan yang seru. Imajinasi diciptakan dari deskripsi yang pas terutama tentang berbagai rupa para alien dan bagaimana mereka menyamarkan keunikan rupa tersebut. Terkait nilai, novel ini mengedepankan tema perbedaan. Bagaimana spesies berbeda seharusnya dapat diterima dengan baik sepanjang tidak berniat untuk merusak apa yang ada di bumi. Seandainya benar-benar ada alien yang piknik ke bumi dalam wujud aslinya, tanpa penyamaran baik dengan pakaian atau dengan rias wajah, apakah kita akan menerima mereka dengan tangan terbuka?

Kalau dianalogikan dengan kehidupan sehari-hari, novel ini membuat kita memikirkan kembali bagaimana kita memandang perbedaan di sekitar. Perbedaan tersebut bisa tentang banyak aspek misalnya perbedaan kondisi fisik, suku, sudut pandang, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Apakah kita memandang orang-orang yang memilih traveling ke luar negeri dan orang-orang yang traveling di dalam negeri dengan cara yang berbeda? Apakah di mata kita orang yang lulus kuliah dengan sederet gelar memiliki derajat yang lebih tinggi daripada orang yang hanya lulus SMA?

“Kita semua berhak menikmati liburan yang tenang dan damai, bukan? Dan kita semua berhak diperlakukan dengan baik, tak peduli betapa berbeda penampilan kita.”

–Hal. 31

Secara keseluruhan, Liburan Para Alien merupakan bacaan anak/remaja yang asyik dengan konflik yang seru dan akhir yang keren. Rasanya pantas kalau diganjar dengan 4,5 bintang. Sayangnya, Atria tidak menerjemahkan/menerbitkan seri ke-2 dan ke-3. Sayang banget. Mungkin saya akan cari seri selanjutnya dalam versi asli berbentuk e-book, karena meski target utamanya adalah anak/remaja tetapi novel ini bisa jadi hiburan yang menyenangkan bagi pembaca dewasa.

***

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s