Daftar Bacaan Agustus 2015

Berikut daftar bacaan saya untuk Agustus 2015:

1. Dadaisme – Dewi Sartika. Nggak ada alasan khusus kenapa memutuskan untuk membaca ini. Yang pasti, novel ini mewakili kategori ‘sastra’ dari daftar bacaan saya setiap bulan. Fyi, Dadaisme ini adalah Pemenang Pertama Sayembara Menulis Novel yang diadakan Dewan Kesenian Jakarta untuk tahun 2003.

2. Please Look After Mom – Kyung-Sook Shin. Beberapa hari lalu, novel ini banyak wara-wiri di timeline Twitter. Yang versi bahasa Indonesia, sih.  Dulu juga, adik saya bilang novel ini bagus, bikin dia nangis. :)) Lalu saya ingat, rasanya saya punya novel ini yang versi bahasa Inggris. Jadi, selain penasaran karena telah dibahas banyak orang, novel ini juga bisa masuk di kategori ‘bacaan berbahasa Inggris’ untuk daftar bacaan bulanan saya.

3. Burung Merak – Maria A. Sardjono. Kepingin aja baca karya ‘jadul’. Sebenarnya saya juga kepingin baca karya Marga T, tapi barangkali akan gantian dengan ini. Katanya, sih, karya Maria A. Sardjono bagus.

4. Jas Putih – Ni Komang Ariani. Sudah lama mendengar namanya d(ar)i jualbukusastra.com (loh) dan sejak dulu pengin baca karya beliau, tapi belum kesampaian. Beberapa waktu yang lalu, nggak sengaja akun Twitter-nya lewat di timeline (@menulisfiksi), ya sudah, sekalian saja pesan semua karya dari penulisnya langsung! Dan Jas Putih adalah karya terbaru beliau.

5. Dengarlah Nyanyian Angin – Haruki Murakami. Belum pernah baca karya Murakami satu pun. Ya ampun. Dan katanya karya ini cocok dijadikan pembuka sebelum membaca karya-karya  Murakami lainnya. Well, let’s see.

6. Dear John – Nicholas Sparks. Rasanya koleksi buku berbahasa Inggris saya kurang variatif. Kalau nggak Nicholas Sparks, ya Cecelia Ahern atau John Green. Ada beberapa yang lain seperti Gone Girl, Bel-Ami, English, dan The Lowland, dan lain-lain tapi kok rasanya tebal banget, ya. Jadi pilih Dear John dulu saja, dengan pertimbangan sudah pernah nonton filmnya dan dengan harapan bacanya bisa lebih cepat.

Sebenarnya, nggak yakin juga, sih, akan selesai enam novel selama Agustus. Karena kayaknya bakal sering lembur. Tapi, ya namanya juga usaha. Kalau nggak selesai Agustus, bisa ditarik ke September. Haha.

***

Advertisements